Ini Dia Cara Mengatasi Penyakit Saraf

Kesemutan-Penyakit-Saraf

Banyaknya keluhan mengenai gangguan saraf membuat banyak orang khawatir akan hal tersebut. Penyakit saraf saat ini memang dapat di diagnosa dengan gejala-gejala yang dialami. Gejala-gejala nya pun setiap orang berbeda-beda ada yang kesemutan, kedutan, mati rasa, mulut kering dan lain sebagainya. Saat gejala yang dirasakan berbeda-beda, ternyata ini juga mempengaruhi mengenai saraf yang mengalami gangguan tersebut. Karena harus diketahui juga bahwa jenis saraf manusia itu ada tiga yaitu saraf otonom, saraf motorik, saraf sensorik. Jadi saat Anda mengalami gejala-gejala seperti contoh di atas Anda setidaknya telah mengetahui saraf apa yang mengalami gangguan.Untuk itu inilah beberapa jenis saraf, gejala yang ditimbulkan serta cara penanganan atau mengatasi penyakit saraf.

1. Saraf Sensorik
Saraf Sensorik ialah satu saraf yang berfungsi menghantarkan ataupun menghubungkan rangsang yang diterima oleh reseptor/ penerima ke sistem saraf pusat atau pun sumsum tulang belakang serta otak. Jadi, saat manusia menerima rangsang dari luar seperti menyentuh benda, otomatis sistem saraf akan mengirimkan rangsangan benda yang kita sentuh tersebut kepada saraf pusat. Sehingga dengan otomotif kita dapat mengetahui apa yang kita sentuh tersebut. Gejala penyakit saraf yang menyerang saraf sensorik ini seperti kesemutan, mati rasa, dan nyeri. Saat saraf sensorik mengalami kesemutan, mati rasa dan nyeri otomatis saraf sensorik tidak dapat merasakan rangsang yang ada di depan mereka. Untuk itu mereka tidak dapat merasakan hal apa yang disentuhnya.

2. Saraf penghubung
Untuk saraf penghubung sendiri merupakan saraf yang ada hampir di seluruh bagian tubuh karena saraf ini memang menghubungkan saraf sensorik ke saraf pusat. Gangguan yang sering terjadi di saraf penghubung ini ialah sulit buang air besar, mata kering, mulut kering.

3. Saraf Motorik
Untuk saraf motorik ini merupakan saraf yang berfungsi mengirimkan perintah atau impuls dari saraf pusat ke jaringan otot ataupun kelenjar untuk merespon kepada rangsang. Gangguan yang sering terjadi di saraf motorik ini ialah otot sering kedutan, otot mengalami kelemahan, serta ukuran otot semakin mengecil.
Itulah beberapa gejala yang terjadi pada tiap saraf. Namun tenang, gangguan-gangguan pada saraf tersebut dapat ditanggulangi atau dapat diobati.

Dokter Kece IGO Only

    Konsultasikan ke dokter syaraf apakah yang sebenarnya harus dilakukan bagi penderita gangguan saraf seperti Anda. Karena saraf ini merupakan salah satu hal penting bagi manusia maka penanganannya pun juga harus secara khusus dan tidak boleh sembarangan. Jadi hal yang paling tepat atau utama saat Anda mengalami gangguan tersebut adalah mengkonsultasikan ke dokter syaraf.
    Setelah dokter saraf telah memberikan petunjuk kepada Anda apa yang harus dilakuakan Anda juga harus mengatur pola makan Anda. Karena pola makan juga mempengaruhi pengobatan yang sedang Anda lakukan. Dan bagi Anda yang tidak terkena gangguan saraf, Anda juga harus mengatur pola makan karena awal dari penyakit yang menyerang tubuh Anda itu karena pola makan Anda yang seringkali Anda lupakan atau sembarangan.
    Mengurangi kadar gula darah pada penderita saraf yang juga mengalami gangguan penyakit diabetes. Kadar gula tinggi juga akan memperkeruh keadaan Anda. Karena gula dalam darah membuat sistem saraf mengalami penurunan kinerja.
    Sama dengan mengatur pola makan Anda juga harus memperbaiki gizi makanan Anda. Makanan yang Ada makan harus seimbang antara protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin.
    Bagi Anda yang memiliki penyakit lain di luar biasa kizara pasti anda akan diberikan obat untuk penyakit tersebut. Namun, saat Anda meminum obat tersebut dan ternyata saraf Anda juga ikut terserang maka ada baiknya Anda mengganti obat dengan mengkonsultasikan dahulu ke dokter. Karena memang ada obat yang memiliki efek samping pada saraf.
    Fisioterapi
    Pemberian pereda rasa sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *