Sering Kesemutan? Ini Loh Penyebabnya!

penyakit saraf neuropati

Parestisia atau biasa disebut oleh masyarakat sebagai kesemutan ini, merupakan hal yang pastinya dialami oleh sebagian masyarakat. Kenapa kesemutan ini bisa terjadi? Karena, salah satu saraf yang ada di tubuh ini tertekan dalam waktu yang cukup lama. Bisa juga karena kamu sering mengalami kesemutan, kamu mungkin mengidap penyakit neuropati ataupun diabetes. Mungkin sebagian orang masih awam dengan neuropati jadi timbul pertanyaan, Apa itu neuropati? Neuropati merupakan penyakit yang menyerang saraf-saraf tubuh. Jadi, begitulah singkat informasi mengenai apa itu neuropati.

Kembali lagi pada parestisia atau kesemutan, kesemutan yang sering terus menerus menyerang tubuh itu juga bisa menjadi parestisia kronis. Jadi, untuk menghindari yang namanya kesemutan biasa atau kronis kamu bisa menjaga pola makan tubuh kamu dan banyakin tubuh aktif bergerak atau olahraga. Membahas mengenai parestisia, ada penjelasan mengenai penyebab kesemutan dan akan dijelaskan sebagai berikut:

1.Adanya saraf tubuh yang terjepit dengan tempo waktu yang cukup lama
Salah satu penyebab adanya kesemutan yaitu saraf tubuh yang terjepit dengan tempo waktu yang cukup lama. Saraf yang memang bisa terjepit bukan hanya saraf kaki dan tangan saja, melainkan saraf punggung dan leher bisa terjepit juga. Perlu kamu ketahui, pada saat saraf terjepit inilah peredaran darah tidak bisa berjalan lancar menuju otak jadi otak memberikan respon dengan adanya kesemutan.

2.Kekurangan vitamin B kompleks
Penyebab lain adanya kesemutan yaitu kekurangan vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks yang dimaksud di sini adalah vitamin B1, B6, dan B12. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi vitamin B kompleks. Kamu bisa merasakannya setelah mengkonsumsi vitamin B kompleks karena vitamin ini bisa membantu kamu untuk mengurangi yang namanya kesemutan. Selain itu, dengan banyak mengkonsumsi yang namanya vitamin akan menyehatkan tubuh.

3.Adanya risiko penyakit diabetes
Ternyata penyebab dari adanya kesemutan ini bisa jadi pertanda bahwa diri kamu terkena yang namanya diabetes. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena, kadar gula yang tinggi dari pengidap diabetes ini bisa memicu yang namanya kesemutan. Jadi, memang salah satu keluhan dari sebagian pengidap diabetes adalah kesemutan. Tidak ada salahnya kamu untuk menanyakan hal seperti ini ke dokter terdekat kamu.

4.Adanya risiko terkena neuropati
Penyebab dari adanya kesemutan bisa juga ditimbulkan karena penyakit neuropati. Neuropati ini bisa menimbulkan rasa kebas dan kesemutan di saraf tubuh. Penyebab adanya neuropati ini karena pola makanan yang tidak sehat atau makanan cepat saji yang tidak bergizi, kebanyakan minum alkohol, kurangnya bergerak atau olahraga, dan penyakit yang ada turun temurun. Neuropati ini memiliki berbagai macam jenis dan penanganan yang dilakukan bisa bebeda-beda sesuai jenis neuropati. Untuk penanganan yang paling umum adalah mengurangi pengonsumsian makanan cepat saji, berolahraga, dan menghindari yang namanya alkohol.

5.Terlalu banyak menggunakan gawai
Salah satu penyebab adanya kesemutan karena kebanyakan penggunaan gawai yang berlebih. Kamu bisa merasakan kesemutan saat menggunakan gawai walaupun hanya digunakan untuk mengetik saja. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena, adanya pancaran radiasi yang banyak dari gawai serta posisi yang tidak tepat pada saat mengetik sesuatu pada gawai.

Begitulah singkat informasi mengenai penyebab adanya kesemutan. Kamu bisa bertanya ke dokter yang ada di wilayah kamu jika kamu sering mengalami kesemutan berlebih, bisa jadi itu pertanda kamu memiliki penyakit yang parah seperti diabetes dan neuropati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *